Napak Tilas Bung Karno, Ada Tongkat dan Keris di Lampung Barat

Sumber Jaya (mediafkpk.com) –  Jejak perjalanan (napak tilas) Presiden pertama RI, Ir. Soekarno (Bung Karno) di kabupaten Lampung Barat, meninggalkan tongkat dan keris bernilai sejarah tinggi.

Tongkat dan Keris milik Bung Karno tersebut sampai saat ini masih disimpan rapih oleh seorang bernama Soleh, warga Desa Sukapura, kecamatan Sumber Jaya.

Hal itu diketahui saat Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus dan Ketua Komite II DPD RI Sub Wilayah Barat II, Bustami Zainudin menunjukan salah satu bukti sejarah, yakni tongkat milik Bung Karno, Kamis (12/3).

Dilansir dari unggahan potongan Video dari akun Instagram pribadi Bupati Lampung Barat, @parosilmabsus, yang menunjukan tongkat peninggalan presiden Indonesia pertama yakni Ir. Soekarno atau Bung Karno yang dititipkan kepada salah seorang warga.

“Tongkat ini akan diserahkan, dengan catatan yang menerima adalah keluarga besar langsung dari Bung Karno, jadi tidak boleh Bang Bustami, juga pak bupati,” kata Parosil Mabsus dalam video tersebut.

Kemudian Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainudin dalam video yang diunggah pada 10 Maret 2020 di akun @parosilmabsus tersebut nampak memegang tongkat Bung Karno. Selain itu, dia berharap suatu saat anak keturunan Bung Karno dapat sampai di Desa Sukapura, Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lampung Barat.

“Kita melakukan napak tilas perjalanan presiden kita Bung Karno mengantar warga kita dari Jawa Barat menuju daerah Lampung dalam transmigrasi pertama yaitu di Desa Sukapura. Ini rumah Bapak Soleh, yang merupakan tempat transit pertama Bung Karno, dan beliau menitipkan tongkat beserta keris. Yang menurut si penerima mandat, ini akan diserahkan kepada ahli waris langsung dari Bung Karno, jadi saya DPD tidak bisa, pak bupati tidak bisa, kementerian kehutanan tidak bisa,” jelas Bustami.

Bustami juga berharap, dengan adanya peninggalan tongkat dan keris milik Bung Karno tersebut dapat menjadi bukti sejarah dan cagar budaya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *